Prospek Kerja Anak Teknik Berdasarkan Program Studi

September 20, 2019 Kompetensi 0

Prospek Kerja Anak Teknik Berdasarkan Program Studi terkadang banyak siswa yang masih bingung prospek kerja dari program studi khususnya untuk teknik berikut ini beberapa prospek menurut informasi yang kita miliki:

Program Studi Teknik Elektro

Teknik elektro merupakan ilmu teknik yang mempelajari sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. Mahasiswa Teknik Elektro aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, serta teknologi yang terkait. Cakupan teknik elektro sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatannya oleh pengguna akhir. Teknik Elektro pun dipecah menjadi beberapa konsentrasi, seperti teknik elektronika, teknik listrik, teknik instrumentasi, sampai teknik komputer dan telekomunikasi.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, jurusan teknik elektro juga semakin relevan. Prospek kerja yang terkait dengan bidang Teknik Elektro pun bisa dibilang cukup mumpuni seperti: Dosen, pegawai negeri, BUMN, teknisi telekomunikasi, teknisi radar, sonar, dan navigasi; spesialis network system, hingga ahli robotik.

Program Studi Teknik Mesin

Pada program studi Teknik Mesin, kamu akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa teknik mesin, kamu harus memperdalam kemampuan pada beberapa cabang ilmu teknik mesin, seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

Apabila kamu menyukai mesin dan hal-hal yang berkaitan dengan teknik, kamu bisa memilih jurusan Teknik Mesin. Keunggulan dari Teknik Mesin adalah, lulusannya dibutuhkan oleh berbagai macam industri mulai dari manufaktur, teknologi, pertambangan, hingga otomotif.

Program Studi Teknik Sipil

Program studi Teknik Sipil mempelajari proses merancang, membangun, serta merenovasi, tidak hanya bangunan gedung, tapi juga infrastruktur jalan, jembatan, bendungan, dan infrastruktur lainnya. Mempelajari ilmu Teknik Sipil, kamu akan memahami unsur-unsur bangunan seperti beton, baja, aspal, dan lain-lain. Kamu juga akan memahami bagaimana perancangan struktur bangunan yang kuat, layak, dan efisien.

Teknik sipil menjadi salah satu program studi yang punya peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi. Sebagai negara berkembang, Indonesia sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur di mana-mana. Karenanya, para ahli di bidang Teknik Sipil akan sangat di butuhkan untuk menyukseskan pembangunan. Jika berhasil lulus dari jurusan Teknik Sipil, kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang. Peluang kerja lulusan Teknik Sipil juga terbuka lebar di instansi pemerintah seperti di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Perencanaan Nasional (BPN), dan BUMN yang bergerak di bidang konstruksi.

Program Studi Teknik Informatika

Teknik Informatika mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer. Pada prodi ini akan diajarkan mulai dari menghasilkan ide kreatif, kemudian merealisasikan ide tersebut, memecah fungsi-fungsi, dan menciptakan struktur instruksi yang sangat detil dalam bahasa pemrograman untuk mengajarkan komputer apa saja yang harus dilakukan.

Jadi, Teknik Informatika bukan sebuah jurusan yang mempelajari gimana caranya benerin komputer yang rusak ya, gaes. Di jurusan ini kamu akan mempelajari banyaaaak banget waktu kamu untuk mengulik bahasa pemrograman, so salah satu kemampuan yang penting kamu asah sebelum memilih untuk masuk jurusan ini adalah matematika dan logika. Beragam kode yang harus kamu susun untuk membuat sebuah program pastinya membutuhkan penalaran logika yang mumpuni.

Prospek kerja Teknik Informatika di masa depan sangat sangat cerah. Gimana nggak? Semua aspek kehidupan sekarang, pasti melibatkan penggunaan teknologi—dan ini pastinya membutuhkan banyak tenaga ahli di bidang Teknik Informatika.

Menurut Bureau of Labor and Statistic(BLS), bidang Informatika adalah salah satu profesi yang akan tumbuh sangat pesat antara 2014-2024 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 12%, diatas rata-rata bidang profesi pada umumnya. Lulusan Teknik Informatika bisa bekerja di hampir semua lembaga mulai dari instansi pemerintah, perusahaan swasta, BUMN, hingga start-up dan software house sendiri.

Nih, beberapa bidang pekerjaan yang umumnya dimasuki oleh lulusan Teknik Informatika yaitu Engineer, Developer Software/Aplikasi, Analisis IT, Konsultan IT, Arsitek Jaringan Komputer, Ahli Cyber Security, dan Web Developer.

sumber : Anak Teknik

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *